MAHKAMAH KONSTITUSI:PASANGAN SUKA HAMDI AKHIRNYA BERHASIL MELENGGANG KE KURSI BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN TEBO *MONEY POLITIC TIDAK MENGARAH PADA PELANGGARAN SECARA TERSTRUKTUR ,SISTIMATIS, DAN MASIF*DALIL-DALIL KEBERATAN PASANGAN YOPI-SAPTO TIDAK TERBUKTI DAN TIDAK BERDASARKAN HUKUM * HUMAS PROVINSI KEBOBOLAN BERITA ISTRI GUBERNUR AKIBATNYA NAMA BAIK GUBERNUR JAMBI TERCEMAR*SAMISAKE:100 juta untuk pendidikan di tiap kabupaten*WAKIL GUBERNUR:Arah Pembangunan Provinsi Jambi berwawasan Lingkungan*SAMISAKE:22 Milyar untuk bedah rumah di tiap kabupaten*Pemerintah Jambi beri bantuan dana 3,6 milyar untuk renovasi gedung Taman Budaya*Warga masih saja mengeluh soal pelayanan PDAM Tirta Mayang *HBA optimes Jambi Emas terwujud*2011 Pemerintah Jambi gulirkan dana bantuan 5 juta untuk Pengrajin*Pemprov Jambi dan PTPN VI bersama membangun Jambi*SAMISAKE:Satu Milyar Satu Kecamatan * Anggota Korpri harus Netral *

1/04/2011

SANG BIROKRAT UPAYAKAN “EMAS” UNTUK MASYARAKAT JAMBI






            JEM, Emas merupakan salah satu logam mulia yang sangat berharga dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Istilah EMAS pula yang dijadikan oleh pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Drs.H. Hasan Basri Agus, MM (HBA) dan Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum sebagai visi pembangunan Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Namun, EMAS yang dimaksudkan dalam visi pembangunan Jambi ini bukanlah logam mulia, melainkan Ekonomi Maju, Aman, Adil, dan Sejahtera.
            Visi Jambi EMAS ini memang sudah sangat familiar dalam kepemimpinan HBA–Fachrori Umar, bahkan, sebelum menjabat sebagai gubernur dan wakil gubernur Jambi periode 2010-2015 pun, pasangan ini sudah mencanangkan visi Jambi EMAS, tepatnya saat penyampaian visi-misi dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Jambi, pada 2 Juni 2010 yang lalu.
             Begitu besar harapan masyarakat Provinsi Jambi akan perubahan kearah yang lebih baik dan lebih maju dibawah kepemimpinan HBA. Harapan itu sangat beralasan, yang mana sebagai pemimpin yang berkarir dari bawah (mulai dari golongan I, sekretaris camat, camat, sekretaris daerah, bupati, dan sekarang menjadi gubernur Jambi), dianggap memahami pahit getir, suka-duka, dan seluk-beluk kepemimpinan pemerintahan serta dapat memberikan solusi atas aneka permasalahan di Provinsi Jambi. Perjalanan karir yang benar-benar “berangkat dari bawah” ini jugalah yang membuatnya layak dijuluki sebagai Sang Birokrat. Pengalaman birokrasi tersebut merupakan modal yang sangat berharga dalam memimpin masyarakat Jambi berlayar menuju “pelabuhan EMAS.”
            Sejak dilantik Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia sebagai gubernur dan wakil gubernur Jambi pada 3 Agustus 2010, pasangan ini sangat pro aktif melakukan pelbagai upaya guna mewujudkan Visi Jambi EMAS tersebut.
            Perumusan visi pembangunan Provinsi Jambi dengan penamaan Jambi EMAS 2015, bukan semata-mata agar mudah diingat dan elok didengar, akan tetapi didasari oleh permasalahan utama Provinsi Jambi, yang butuh penanganan serius, terarah, konsisten, dan berkesinambungan untuk mengatasinya, yaitu :
1.   Banyaknya pengangguran dan penduduk miskin
2.   Terbatasnya sarana dan prasarana infrastruktur (panjang jalan 1.480 Km) kondisi  baik 31,63 %, sedang 31,03 %, rusak ringan 21,73 % dan rusak berat 15,62 %
3.   Belum berkembangnya agroindustri
4.   Belum optimalnya pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA)
5.   Belum optimalnya sinergitas percepatan pembangunan daerah
            Berangkat dari existing problems tersebut, maka HBA – Fachrori merumuskan visi Jambi EMAS 2015, visi mulia dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat Jambi, yang mana dari visi tersebut diturunkan misi pembangunan Jambi yang dirumuskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi 2011-2015, terdiri dari :
1)   Meningkatkan kualitas dan ketersediaan infrastruktur pelayanan umum
2)   Meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan, kehidupan beragama dan berbudaya
3)   Meningkatkan perekonomian daerah dan pendapatan masyarakat berbasis agribisnis dan agroindustri
4)   Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam yang optimal dan berwawasan lingkungan
5)   Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, jaminan kepastian dan perlindungan hukum serta kesetaraan gender
        Visi Jambi EMAS ini juga disesuaikan dengan program pembangunan nasional Indonesia, yang mana Visi Pembangunan Provinsi Jambi dalam RPJMD Provinsi Jambi 2011-2015 bersesuaian dengan RPJM Nasional. Hal ini sangat berdasar karena Provinsi Jambi merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan demikian pembangunan Provinsi Jambi juga sejalan dengan program pembangunan nasional Indonesia.
        Dalam RPJMD Provinsi Jambi 2011-2015, difokuskan bahwa pembangunan Provinsi Jambi adalah pembangunan yang pro growth (mendorong pertumbuhan ekonomi), pro job (membuka lapangan kerja), dan pro poor (mengurangi atau mengentaskan kemiskinan), serta pro environment (melestarikan lingkungan hidup), yang tergambar pada lima prioritas pembangunan, yakni :
1)   Peningkatan infrastruktur wilayah dan energi
2)   Pendidikan dan kesehatan serta sosial budaya
3)   Pengembangan ekonomi rakyat, investasi, dan kepariwisataan
4)   Ketahanan pangan dan sumber daya alam serta lingkungan hidup
5)   Penataan tata kelola pemerintahan yang baik
        Sebagai akselerasi perwujudan Jambi EMAS, ditetapkan langkah percepatan menuju Jambi EMAS 2015, meliputi :
1.   Mendorong pemerataan pembangunan maupun hasil-hasilnya melalui program satu miliar satu kecamatan (Samisake)
2.   Mendorong percepatan pembangunan infrastruktur, baik pembangunan jalan dan jembatan yang mampu memperpendek jarak dari daerah produksi ke daerah pusat-pusat distribusi serta pembangunan jaringan listrik, irigasi, dan air bersih
3.   Memajukan pendidikan sebagai modal dasar dalam pembangunan
4.   Meningkatkan kesejahteraan petani, yang sampai tahun 2009  nilai tukar petani atau NTP, masih dibawah 100 persen
5.   Meningkatkan kapasitas sumber daya aparatur, mengingat masih lambannya kinerja aparatur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat
            Selanjutnya, dibutuhkan strategi agar visi, misi, fokus pembangunan, prioritas pembangunan, dan percepatan menuju Jambi EMAS 2015 dapat direalisasikan, sebab tanpa strategi tertentu, suatu visi pembangunan akan sangat sulit digapai. Maka dari itu, ditentukan strategi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dibawah kepemimpinan HBA, yakni :
1.   Kedekatan pemimpin dengan masyarakat yang diwujudkan dengan kerbersamaan.
2.   Menerapkan Azas Organisasi (Good Governance) yaitu: Transparansi, Partisipasi, dan Akuntabilitas.
3.   Menerapkan Budaya Organisasi yaitu Integritas, Profesionalisme, berpihak pada petani dan ekonomi lemah (Program Samisake dan Penerapan PP 41 Tahun 2007).
4.   Sentralisasi perencanaan dan desentralisasi pelaksanaan.
5.   Pengembangan SDM, peningkatan kompetensi melalui pendidikan dan pelatihan serta penuntasan perubahan budaya (mindset) dalam bekerja.
            HBA menyadari sepenuhnya bahwa visi pembangunan Jambi tersebut akan tercapai manakala semua pihak (pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat) sama-sama berperan aktif dan konstruktif serta bersinergi dalam proses pembangunan. Ketiga aktor pembangunan tersebut merupakan mitra yang saling mengisi. Sejalan dengan itu, HBA selalu mengajak seluruh masyarakat Provinsi Jambi, tanpa mempermasalahkan perbedaan latar belakang suku, agama, ras, dan perbedaan lainnya, untuk turut berperan membangun Jambi.
            Visi Jambi EMAS bukan hanya janji politik atau janji kampanye HBA-Fachrori semata, namun merupakan harapan dan impian yang sungguh-sungguh ditekadkan untuk diwujudkan oleh HBA-Fachrori beserta seluruh jajarannya.         Seyogianya pula masyarakat Provinsi Jambi mendukung visi Jambi EMAS dengan program-program yang terkandung di dalamnya, sebab visi pembangunan tersebut adalah untuk kebaikan bersama masyarakat Provinsi Jambi.
            Semoga tekad Sang Birokrat, HBA untuk mengupayakan memberikan “EMAS” bagi masyarakat Jambi, sungguh menjadi suatu kenyataan, tentunya dengan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa.
                                                                                     


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More