MAHKAMAH KONSTITUSI:PASANGAN SUKA HAMDI AKHIRNYA BERHASIL MELENGGANG KE KURSI BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN TEBO *MONEY POLITIC TIDAK MENGARAH PADA PELANGGARAN SECARA TERSTRUKTUR ,SISTIMATIS, DAN MASIF*DALIL-DALIL KEBERATAN PASANGAN YOPI-SAPTO TIDAK TERBUKTI DAN TIDAK BERDASARKAN HUKUM * HUMAS PROVINSI KEBOBOLAN BERITA ISTRI GUBERNUR AKIBATNYA NAMA BAIK GUBERNUR JAMBI TERCEMAR*SAMISAKE:100 juta untuk pendidikan di tiap kabupaten*WAKIL GUBERNUR:Arah Pembangunan Provinsi Jambi berwawasan Lingkungan*SAMISAKE:22 Milyar untuk bedah rumah di tiap kabupaten*Pemerintah Jambi beri bantuan dana 3,6 milyar untuk renovasi gedung Taman Budaya*Warga masih saja mengeluh soal pelayanan PDAM Tirta Mayang *HBA optimes Jambi Emas terwujud*2011 Pemerintah Jambi gulirkan dana bantuan 5 juta untuk Pengrajin*Pemprov Jambi dan PTPN VI bersama membangun Jambi*SAMISAKE:Satu Milyar Satu Kecamatan * Anggota Korpri harus Netral *

11/29/2010

Guru harus makin profesional




            JE, “Guru harus makin profesional, makin berkemampuan, dan makin baik kesejahteraannya.” Pesan tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum dalam Pelepasan Gerak Jalan Santai dalam Rangka Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-65 Tahun 2010, yang diselenggarakan pada Minggu pagi (28/11),  dilepas dari Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi.
            Pada tingkat nasional Indonesia, tema Peringatan Hari Guru dan HUT PGRI ke-65 Tahun 2010 adalah “Memacu Peran Strategis Guru dalam Mebangun Karakter Bangsa Indonesia yang Bermartabat,” sementara di Provinsi Jambi, tema yang diusung adalah “Dengan Hari Guru Kita Wujudkan Visi & Misi Gubernur Jambi, dalam Rangka Pemerataan Akses Pendidikan yang Berkualitas dan Percepatan Pembangunan infrastruktur Pendidikan.”
            Pesan Wagub ini sangat berdasar,  karena guru sebagai pengajar dan pendidik memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional, yang berarti juga mencerdaskan kehidupan bangsa, hal yang senafas dengan tujuan negara Indonesia yang sudah dirumuskan oleh founding fathers negara Indonesia dan dimuat dalam Pembukaan UUD 1945.
            Mencerdaskan kehidupan bangsa ini lah, yang selanjutnya sangat menentukan dalam kemajuan, kesejahteraan, dan martabat ibu pertiwi ini. Memang, guru yang berkualitas dan kinerja guru yang baik belum tentu serta merta menjadikan pendidikan berhasil, karena kualitas pendidikan bukan hanya tanggung jawab guru semata, para murid/siswa-siswi atau peserta didik, peran orangtua, sistem pendidikan, pemerintah, dan pihak lain yang berkaitan dalam dunia pendidikan juga turut menentukan kualitas pendidikan. Namun, sebagai tenaga pengajar dan pendidik, yang langsung menerapkan sistem dan kurikulum pendidikan, guru memiliki peran yang sangat besar dan strategis dalam mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan.
            “Kita mengetahui, bahwa masa depan sebuah daerah sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Jika manusianya tangguh, maka daerah tersebut insya Allah akan menjadi tangguh dan unggul. Untuk menjadi manusia dan daerah yang tangguh dan unggul tersebut, kita tahu, pendidikan harus maju dan berkualitas, dan diatas segalanya, pendidikan akan maju dan berkualitas jika guru-gurunya bermartabat, profesional, dan sejahtera,” tutur Wagub.
            Wagub juga mengemukakan, pemerintah dengan segala tentangan dan dengan segala keterbatasannya akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, karena negara Indonesia ingin masyarakatnya maju, bermartabat, unggul, dan berdaya saing. Oleh karenanya, peningkatan kualitas pendidikan dibarengi peningkatan kualitas guru sebagai tenaga pendidiknya merupakan hal yang bersesuain dengan keinginan itu. Maka dari itu, Wagub mengajak seluruh guru dan jajaran PGRI di Provinsi Jambi untuk mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas, sekaligus meningkatkan profesionalisme guru dalam mengemban amanah yang sangat mulia tersebut.
            Selanjutnya, Wagub mengajak seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk memperhatikan empat hal, yaitu, “1.Pendidikan harus tetap menjadi prioritas dan kita tingkatkan terus. Saya mengajak semua, mulai dari saya, para bupati dan walikota untuk bersatu meningkatkan pendidikan di daerah kita, 2.Meningkatkan kesejahteraan guru, alokasikan anggaran dan sumber daya lain yang pantas, sesuai dengan kemampuan pembiayaan yang dimiliki, 3.Kepada para guru, agar terus dengan semangat yang tinggi, untuk dapat meningkatkan komitmennya, tanggung jawabnya, kemampuannya dalam melaksanakan tugas pengabdian yang diamanahkan. 4.Kepada PGRI dan jajarannya, kiranya dapat memberikan saran dan masukan yang tepat dan realistik untuk masa depan yang baik bagi pendidikan dan guru kita,” ujar Wagub.
            Usai menyampaikan sambutan dan arahan, Wagub melepas sekumpulan balon sebagai pertanda dilepasnya gerak jalan santai tersebut secara resmi.
            Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Drs. Idham Kholid, ME dalm sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua guru di provinsi Jambi dalam memajukan pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa, sekaligus menghimbau agar para guru tersebut meningkatkan kualitas dan kinerjanya yang sangat berarti dalam peningkatan pendidikan.
            Rute gerak jalan santai tersebut adalah dilepas dari halaman depan kantor gubernur Jambi, start dari jalan depan RRI Jambi terus menuju ke jalan di depan Universitas Jambi (telanaipura), belok kanan dan lanjut ke arah RSUD Raden Mattaher dan kembali lagi ke halaman depan kantor gubernur Jambi.
            Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Karang Taruna Nasional, dr. Dody, wakil ketua DPRD Provinsi Jambi, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, dan para undangan lainnya. (Mustar/fotografer : Sukirno).


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More